Ordo SVD Persiapkan Calon Misionaris Demi Perdamaian Dunia

100
Denpasar-klikpena.com
Ordo Serikat Sabda Allah atau yang  biasa dikenal SVD mempersiapkan calon imam untuk berkontribusi terhadap perdamaian  dunia. Hal ini disampaikan Superior General SVD atau pemimpin ordo SVD se-dunia, Pater DR. Paul Budi Kleden, SVD saat berdiskusi dengan Perhimpunan Jurnalis asal NTT di Bali senin malam (30/07).
Superior General SVD atau pemimpin SVD se-dunia yang terpilih, Pater DR. Paul Budi Kleden, SVD mengatakan Dewan General SVD yang berkedudukan di Roma Italia ini akan Bekerja mulai bulan September mendatang dan akan mengunjungi semua Provinsial SVD secara resmi dalam rangka membangun SVD selama masa jabatan 6 tahun dan mempersiapkan Calon imam. “Mempersiapkan Calon imam SVD di Indonesia itu ya mempersiapkan masa depan SVD se-dunia dan tentunya berkontribusi positif terhadap perdamaian dunia” tutur mantan pastor paroki Swiss ini.

Pimpinan SVD se-dunia, Pater DR Paul Budi Kleden, SVD

Budi Kleden mengaku, dari segi budaya masyarakat Eropa dan Amerika Utara memang masih tertutup dengan kehadiran warga asing karena berbagai stigma phobia yang dibangun bahwa orang asing itu berbahaya. Hal ini tentunya butuh kerja keras para imam SVD asal  Indonesia ditugaskan di dua benua itu agar perlahan bisa menerima kehadiran orang asing. “Memang mereka terkesan masih tertutup dan sulit menerima orang asing dalam keseharian mereka, karena itu imam SVD asal Indonesia yang terbiasa dengan hidup secara plural bisa menjadi pemersatu berbagai kultur di Eropa dan Amerika Tengah. Semoga aja misionaris SVD asal Indonesia ini bisa berkontribusi untuk perdamaian dunia sehingga hidup damai berdampingan” jelas Pastor asal Flores Timur NTT ini.
Komitmen Budi Kleden bersama 6 Dewan General SVD lainnya, memperhatikan formasi atau persoalan pembinaan para calon misionaris yakni para frater bruder karena 25 persen misionaris SVD berasal dari Indonesia “Sekarang ini sebagian besar calon SVD berasal dari Indonesia karena itu mempersiapkan calon imam SVD di Indonesia artinya mempersiapkan masa depan SVD” pungkasnya.

Pimpinan SVD se-dunia, Pater DR Paul Budi Kleden, SVD foto bersama Jurnalis Asal NTT di Biara Souverdi Jl. Kepundung Denpasar Senin (30/07) malam

Ordo SVD belum lama ini memilih 7 orang imam SVD menjadi Pimpinan SVD se-dunia yakni satu orang Superior General dan 6 orang imam Dewan General di Roma Italia belum lama ini. Dalam General Capital atau kongres yang dihadiri 118 peserta kongres imam SVD, memilih 7 orang Dewan General dan membahas berbagai isu diantaranya mempersiapkan calon imam SVD serta misi sosial di Bidang Perdagangan manusia dan Lingkungan. (el)

Komen via Facebook