TOT Ombudsman Sajikan Pelayanan Publik Kota Denpasar

40

Klikpena.com– Dalam upaya membangkitkan kesadaran dan mendorong partisipasi masyarakat dalam menciptakan pelayanan publik yang maksimal, Ombudsman Perwakilan Bali melaksanakan Training of Trainer (TOT) dengan menyasar berbagai kalangan masyarakat di Bali. Kegiatan ini digelar di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar, Rabu (29/8).

Acara ini menghadirkan tiga narasumber, di antaranya Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara yang memberikan materi tentang pelayanan publik Kota Denpasar. Narasumber lainnya, Karo Organisasi Pemprov Bali, I Wayan Sarinah, dan akademisi Undiknas, I Nyoman Subanda.

Umar Alkhatab, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali

Dalam pemaparannya, Sekda Rai Iswara menjelaskan bahwa Pemkot Denpasar senantiasa selalu menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam menciptakan pelayanan prima bagi masyarakat, salah satunya dengan Ombudsman Bali. Dengan adanya fungsi pengawasan pelayanan publik dari Ombudsman, maka Pemkot Denpasar terus berinovasi dalam memberi pelayanan prima bagi masyarakat.

Berbagai inovasi dan program dilaksanakan Pemkot Denpasar sebagai upaya memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. Adapun berbagai inovasi tersebut yakni Mal Pelayanan Publik (MPP) Sewaka Dharma, Aplikasi PRO Denpasar Plus, bus sekolah, bank data terintegrasi, serta penyedian ruang publik dan infrastruktur yang maksimal.

Lebih lanjut dikatakan, dengan adanya PRO Denpasar Plus, masyarakat kota dapat mengakses informasi, aspirasi, dan menyampaikan keluhan hanya dalam satu genggaman.

“Dengan adanya kemudahan dalam menyuarakan aspirasi dan menyampaikan keluhan, diharapkan masyarakat Kota Denpasar turut andil dalam memberikan informasi permasalahan kota untuk dapat ditindaklanjuti oleh instansi terkait,” kata Rai Iswara.

Sementara, diwawancarai usai kegiatan, Kepala Ombudsman Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhatab mengatakan, kegiatan ini guna menyosialisasikan tugas pokok dan fungsi Ombudsman sekaligus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama mengawasi pelayanan publik. Menurut Umar, dipilihnya pelayanan publik Kota Denpasar sebagai materi dari TOT tahun ini tak lepas dari usaha keras dan sinergitas antarlini baik eksekutif, legislatif, yudikatif dan masyarakat yang bersama-sama mengawasi pelayanan publik di Kota Denpasar.abi

Komen via Facebook