Koperasi Jasa Pena NTT Diharapkan Menjadi Mercusuar Koperasi Modern

159
Koperasi Jasa Pena NTT Diharapkan Menjadi Mercusuar Koperasi Modern

Denpasar, klikpena.com
Pendirian Koperasi Jasa Pena NTT diapresiasi oleh Kementerian Koperasi Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Dimana koperasi yang baru dibentuk ini telah melalui proses legalitas sesuai dengan persyaratan dari Kemenkop.

Ketua koperasi nasional, Reza Fabianus saat menghadiri pembentukan Koperasi Jasa Pena NTT di Denpasar, Bali, Sabtu (28/7/2018) mengungkapkan upaya dari pengurus Koperasi Jasa Pena NTT untuk melegalkan koperasinya merupakan langkah tepat. Dia mengatakan siap membantu menumbuhkembangkan koperasi jasa yang baru lahir ini. Dia tak mempersoalkan bentuk dari koperasi yang penting dilegalkan. “Apakah bentuknya koperasi jasa atau mulai dari bisnis arisan tetapi secara prinsip keduanya sama,” tuturnya.

 

Dia mengatakan dalam mengajukan Badan Hukum (BH) hanya boleh bergerak pada jasa simpan pinjam. Mengapa ? Karena perbankan bukan hanya badan bank tetapi bisnis perbankan simpan pinjam dan pendanaan harus ditangani secara konsentrasi. Itu sebabnya dikoperasi bentuk simpan jasa memang hanya boleh mengurus persoalan simpan pinjam dan pengumpulan dana. Tetapi bukan berarti koperas dalam bentuk lainya tak boleh melakukan simpan pinjam.

 

“Saya berharap kepada koperasi Pena NTT ini menjadi sebuah model koperasi yang modern. Bukan hanya sekedar kumpul arisan dengan simpan pinjam. Mengapa saya membantu dari sisi pusat agar ini bisa dijadikan mercusuar percontohan. Atau koperasi the best dari NTT,” paparnya.

Dia mengaku selama ini koperasi yang the best hanya bergerak dibidang simpan pinjam. “Saya berharap koperasi jasa Pena NTT ini bisa menyemarakan perkoperasian di Indonesia. Makanya saya mendukung di kementerian. Artinya saat Koperasi Pena NTT lahir sudah diketahui oleh pusat,” tandasnya.

Komen via Facebook