Indonesia Deklarasi Lawan Sampah Plastik Dalam OOC 2018

65
Deputi Direktur Restorasi KKP, Sapta Putra Ginting, National Coordinator Gerakan Nasional Diet Kantong Plastik, Rahyang Nusantara, Relawan , Bye Bye Plastic, Melati Wijsen, Oceana’s Chief Policy Officer, Jacqueline Savits, Directur Public Affairs and Communication Coca-Cola Indonesia , Triyono Prijosoesilo, Head of Corporate Communication Unilever, Maria Dewantini Dwianto, saat Media Briefing di Hotel Grand Ina Kuta, Sabtu (27/10/2018) siang. Foto: Humas Subdit Restorasi, Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil

Kuta, Klikpena.com
Perhelatan akbar Our Ocean Conference (OOC) 2018 di Nusa Dua Bali 28-30 Oktober 2018 mendatang, akan dimanfaatkan Indonesia untuk mendeklarasikan Indonesia Lawan Sampah Laut dan Pantai. Deklarasi ini merupakan komitmen Pemerintah Indonesia bersama masyarakat untuk bersama melawan sampah plastik.

“Melakukan upaya-upaya melawan sampah plastik yang masuk ke laut. Deklarasi ini penting secara politis maupun kebijakan bahwa sampah plastik yang ke laut harus kita lawan” ujar Deputi Direktur Restorasi, Kementrian Kelautan Perikanan (KKP), Sapta Putra Ginting, saat Media Briefing di Hotel Grand Ina Kuta, Sabtu (27/10/2018) petang.

Baca Juga: Bali Jadi Tuan Rumah “Our Ocean Conference 2018”

Deputi Direktur Restorasi KKP, Sapta Putra Ginting, saat Media Briefing di Hotel Grand Ina Kuta, Sabtu (27/10/2018) siang. Foto: Humas Subdit Restorasi KKP

Sapta melanjutkan, Deklarasi ini berkaitan dengan Peraturan Presiden nomor 83 tahun 2018 tentang Penanganan Sampah laut. Deklarasi akan menjadi komitmen Indonesia di OOC. Oleh karena itu Gerakan Bersih Pantai dan Laut (GBPL) yang akan diselanggarakan di pantai Kuta Bali dan serentak di 10 kota lainnta pada minggu 28 Oktober besok, merupakan deklarasi untuk kita dan juga secara internasional komitmen Indonesia dalam OOC.

“Jadi ada dua hal, secara nasional kita ingin mendeklarasikan melawan sampah plastik ke laut dan yang kedua, ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah IndonesiA terhadap pengurangan sampah plastik di dunia ini yang akan disampaikan oleh OOC’ papar Deputi Direktur Restorasi.

Baca Juga: Jelang OOC, KKP dan Ocean Conservancy Bersih Sampah Pantai

Foto: Foto: Humas Subdit Restorasi KKP

Deklarasi ini akan terus diperhatikan dan dipertanyakan setiap gelaran Our Ocean Conference di negara manapun karena Indonesia sudah deklarasi melawan sampah laut. Dan Indonesia akan menjelaskan progress pencapaian pasca deklarasi di OOC Bali 2018. Deklarasi ini akan disampaikan Mentri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan dan wakil-wakil Indonesia baik dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLHK) kemudian juga KKP maupun Kemenko Maritim. (EL)

Komen via Facebook