Kedatangan Basaria Tak Ada Kaitan dengan Kasus Bupati Eka

20

“Bali Jadi Role Model Pembayaran Pajak Online oleh KPK”

Denpasar,  Klikpena.com – Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan kedatangannya ke Bali tak ada kaitan dengan Kasus Bupati Tabanan yang sempat ramai diberitakan media beberapa bulan lalu.

Hal itu disampaikan Basaria menjawab pertanyaan wartawan terkait kedatangannya ke Bali, apakah juga ada hubungannya dengan kasus yang menyeret nama Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti?  Basaria menegaskan tidak ada sangkut pautnya. “Nggak, hari ini kita khusus untuk ini aja (pajak hotel dan restoran secara online, red). Seperti yang saya bilang, karena di sini paling besar, kita ingin menjadi contoh. Jadi satu-satu kita benahi, yang lainnya sambil jalan. Porsubkan nanti disitu,” tandasnya.

Bupati Tabanan, Eka Wiryastuti (kanan)  dan Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan  dan Gubernur Koster saat pertemuan tertutup dengan seluruh bupati dan walikota se-Bali Kamis 25 Oktober 2018

Menurut Basaria,  Bali akan dijadikan role model untuk pembayaran pajak hotel dan restoran secara online oleh KPK Republik Indonesia. Hal tersebut ditegaskan dalam pertemuan tertutup dengan Kepala Daerah se-Bali bertajuk “Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di ruang Wiswa Sabha Madya, Kantor Gubernur Bali, di Renon, Denpasar, Kamis (25/10).  “Mumpung ini gubernur baru, kita harus bantu apa yang harus dibenahi. Karena beberapa bulan yang lalu kita juga ada di sini,”kata Basariah Panjaitan.

Lebih lanjut mengatakan, salah satu yang dibahas dalam pertemuan tersebut, yakni terkait pajak dan restoran. Mengingat Bali merupakan salah satu tempat wisata yang paling besar di Indonesai. “Kita menginginkan menjadi role model/contoh, yang akan kita lakukan hal yang sama di daerah-daerah lain,” sebutnya.

Dimana untuk di Bali, langsung disetor ke bank. Sehingga secara langsung akan meningkatkan pendapatan daerah. “Ini nanti kita dampingi mulai sekarang start sampai nanti berjalan benar-benar dengan baik,” katanya.

Menurutnya, tim dari KPK sendiri akan selalu berada di Bali melakukan pendampingan, dan juga bertugas untuk berkomunikasi baik dengan gubernur maupun bupati/walikota serta berkoordinasi dengan para pemilik hotel dan restoran. “Kita nanti ada di sini,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Bali Wayan Koster mengaku senang dan bahagia. Karena pimpinan KPK memberikan perhatian khusus terhadap Bali. Yakni dijadikannya Bali sebagai role model terkait pendapatan di bidang pariwisata. “Kami merasa tertantang dan ingin mewujudkan apa yang disampaikan oleh Ibu Pimpinan KPK,” ujarnya.

Menururtnya,  pendapatan daerah melalui sektor pariwisata bisa dioptimalisasikan, tidak dikorupsi dan semua wajib pajak dibuatkan databased yang sempurna, supaya potensi pendapatan bisa direalisasikan. “Sekarang saya lihat yang ilegal banyak, tidam terdaftar banyak, yang tidak bayar (pajak, red) penuh banyak, sehingga banyak yang hilang. Saya kira ini harus dibenahi, saya akan tanggungjawab penuh untuk melaksanakan ini,” tandasnya.abi

Komen via Facebook