Lidartawan Nahkodai KPU Bali

56
Lima Komisioner KPU Bali foto bersama usai pelantikan di Jakarta. Foto kiri-kanan; Anak Agung Gde Raka Nakula, I Gede John Darmawan, Luh Putu Sri Widiastini,I Dewa Agung Gde Lidartawan dan I Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya. Foto: Ist

Denpasar, Kliklpena.com
Mantan Ketua KPU Bangli, I Dewa Agung Gde Lidartawan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua KPU Provinsi Bali periode 2018-2023. Lidartawan terpilih setelah proses musyawarah mufakat oleh seluruh komisioner KPU Bali, usai pelantikan Komisioner KPU Bali di Jakarta, Senin (24/9) kemarin.

Kendati terpilih tanpa melalui mekanisme voting, namun proses musyawarah mufakat itu sempat berjalan alot. Pasalnya, semua komisioner tersebut memiliki peluang yang sama untuk menahkodai KPU Bali untuk lima tahun ke depan.

Baca Juga: Bayar Kaul, John Darmawan Bersepeda Ontel ke Kantor KPU Bali

Lidartawan menyampaikan terima kasih kepada empat komisioner lainnya yang telah mempercayakan dirinya menjadi ketua KPU Bali. Kendati berlangsung alot, ia mengpresiasi dirinya dipilih melalui musyawarah mufakat.

“Teman–teman komisioner mempercayakan saya (jadi Ketua KPU Bali) dan menghindari voting. Artinya lembaga yang mengawal proses demokrasi mengedepankan proses demokrasi yang paling bagus yaitu musyawarah mufakat,” kata Lidartawan melalui sambungan telpon.

“Proses alot memang, karena masing-masing komisioner adalah orang terbaik di Kabupaten, layak dan mampu untuk memimpin. Namun akhirnya sama semangatnya untuk tidak voting,” lanjut dia.

Lidartawan berkomitmen mengemban amanah itu dengan penuh tanggung jawab. “Yang akan dikerjakan pertama adalah melanjutkan tahapan Pemilu yaitu Pileg dan Pilpres. Selain itu mulai melakukan fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) calon anggota KPU Kabupaten/Kota di Bali, selain Klungkung. Hasil Fit and proper test akan kami serahkan ke KPU Pusat untuk mengesahkan. Besok (hari ini) kami mulai berkantor,” ujarnya.

Sementara itu, pada komposisi lainnya juga telah terisi masing-masing; Divisi Sosialisasi dipercayakan kepada John Darmawan. Untuk Divisi Keuangan, Umum dan Perencanaaan dipercayakan kepada Anak Agung Gde Raka Nakula. I Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya memimpin Divisi Hukum, dan Luh Putu Sri Widiastini dipercayakan memimpin Divisi Logistik dan Teknis. (EL)

Komen via Facebook