TPA Peh Meledak dan Terbakar

50

NEGARA, Klikpena.com-Tempat Pembuangan Akhir (TPA) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana di Dusun Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Selasa (23/07/2018) dinihari meledak dan terbakar. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 04.00 Wita dan sampai siang ini  pukul 12.00 Wita, api masih berkobar di tumpukan sampah yang menggunung itu.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Pemkab Jembrana, Ketut Karyadi Erawan yang dikonformasi terpisah enggan berkomentar. Beberapa kali dihubungi lewat telepon, ia enggan menjawab panggilan telepon. Padshal masalah tempat pembuangsn akhir sampah merupakan kewenangan Kantor Lingkungan Hidup Pemkab Jembrana.


Data yang diperoleh di lapangan menyebutkan, sekitar pukul 04.00 Wita terjadi ledakan kecil dalam tumpukan sampah di Peh. Beberapa saat kemudian terjadi percikan api yang membakar tumpukan sampah pada sisi sebelah barat. Hingga siang tadi api masih membara dan asap tebal masih mengepul di TPA seluas tiga hektat itu.

Guna memadamkan api, pihak Pemadam Kebakaran Pemkab Jembrana sudah menurunkan empat mobil pemadam kebakaran.  Namun petugas mengalami kesulitan karena sumber api berada pada lapisan bawah sehingga sulit dipadamkan.

“Jika tidak dipadamkan, seluruh sampah bakal terbakar habis. Masalahnya akan menimbulkan asap dan bau tak sedap sehingga mengganggu aktivitas masyarakat sekitar,” keluh seorang warga.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, ledakan terjadi di TPA Peh karena dipicu neningkatnya gas methana pada tumpukan sampah. Gas methana bersifat mudah terbakar. Meningkatnya kandungan gas methana karena sampah yang selama ini kering, tiba-tiba basah akibat tersiram hujan.


Kelembaban tinggi yang terjadi dalam tumpukan sampah ini menyababkan kandungan gas methana meningkat. Akibat peningkatan kandungan gas methana memicu ledakan dan percikan api yang membakar sampah-sampah tersebut. Hingga siang ini petugas pemadam masih berupaya memadamkan sumber api yang berada di lapisan bawah sampah. (yan)

Komen via Facebook