JPKP dan Lapas Krobokan Tanam 1000 Pohon Mahoni di Pantai Saba Gianyar

75
Aksi Tanam Pohon JPKP Bali dan Lapas Krobokan di Pantai Saba Gianyar, Jumat (23/11/2018) pagi. Foto: Ist

Gianyar, Klikpena.com
Jaringan Pendampingan Kebijaksanaan Pembangunan (JPKP) bekerjasama dengan Lapas Krobokan Denpasar, menggelar aksi tanam 100 pohon mahoni di Pantai Saba Gianyar Jumat (23/11/2018) pagi. Pohon mahoni hasil sumbangan Lapas Krobokan ini diharapkan menahan abrasi pantai dan dapat menghasilkan nilai ekonomis bagi desa adat Saba.

“Tentunya untuk menahan abrasi dari pantai, penanaman tersebut juga tujuan ekonimis apalbila pohon besar bahan baku kayu bisa dimanfaatkan untuk pembangunan di desa setelah 5 sampai 7 tahun bisa dipanen. Hasil panen kayu ini dinaungi oleh desa adat sehingga hasilnya akan digunakan di desa adat saba“ papar Ketua JPKP Kabupaten Gianyar, I Gusti Ngurah Agung Jaya Negara.

Kalapas Krobokan, Tony Nainggolan menyerahkan pohon mahoni kepada bendesa adat Saba, I Gusti Ngurah Mahendra Dinata di Pantai Saba Gianyar, Jumat (23/11/2018) pagi.Foto: Ist

Kegiatan penanaman pohon didahului penyerahan secara simbolis pohon mahoni oleh Kalapas Krobokan Denpasar, Tony Nainggolan kepada Bendesa Adat Saba, I Gusti Ngurah Mahendra Dinata. Aksi tanam pohon ini melibatkan 32 orang Narapidana, 35 pegawai Lapas Krobokan, 200 warga desa adat Saba, 25 personil TNI Kodim 161 Gianyar, selain itu hadir juga Camat Blahbatuh, serta sejumlah pengurus JPKP DPD Bali.

Aksi Tanam Pohon JPKP Bali dan Lapas Krobokan di Pantai Saba Gianyar, Jumat (23/11/2018) pagi.Foto: Ist

Ketua Bidang Advokasi JPKP DPD Bali, Pande Putu Maya Arsanti yang memfasiliasi kerjasama Lapas Krobokan dan JPKP Bali berharap, kerjasana ini terjalin tidak hanya penanaman di pantai saba tapi di seluruh pantai wilayah Bali.

“Kegiatan ini kan bagus karena melibatkan juga napi yang suatu saat kembali ke masyarakat sehingga menjadi salah satu bentuk asimilasi napi yang membaur dengan masyarakat” ujar wanita yang akrab disapa Maya.

Aksi Tanam Pohon JPKP Bali dan Lapas Krobokan di Pantai Saba Gianyar, Jumat (23/11/2018) pagi.Foto: Ist

Lapas Krobokan Denpasar selama ini menyiapkan 5.500 pohon mahoni, hasil kegiatan para napi, sehingga direncanakan aka nada penanaman pohon di 4 wilayah lain dalam waktu dekat yakni: Desa Bona dan Desa Babakan Kabupaten Gianyar; Desa Tanung Benoa; serta Desa Babakan Canggu Kuta Utara. Bila Desa adat lain di wilayah Bali yang ingin kegiatan yang sama seperti ini, dapat menghubungi JPKP DPD Bali atau menghubungi ketua bidang advokasi JPKP Bali, untuk menjembatani desa Adat dengan Lapas Krobokan Denpasar. (EL)

Komen via Facebook