Mencuri, WNA Asal Aljazair Terancam Dipenjara 7 Tahun

58
: Tiga laki – laki WNA asal Aljazair yang menjadi terdakwa di PN Denpasar ini terancam dipenjara 7 tahun karena mengambil tas milik orang saat di Warung Pepe, Jalan Dewi Sri, Kuta, Badung (klikpena.com/Dickmina)

Denpasar, klikpena.com –  Warga negara Asing (WNA) yang diadili di Pengadilan Negeri (PN) sangat jarang karena melakukan kejahatan pencurian. Bisa jadi, tiga WNA asal Aljazair ini adalah pengecualian. Pasalnya, ketiganya digiring ke kursi pesakitan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), I Nyoman Triarta Kurniawan, Kamis (23/8) kemarin karena mencuri. Ketiga terdakwa, Mohamed Triki (52),  Nour El Islam Manaa (31) dan Islam Bettayeb (20) inipun terancam di penjara 7 tahun.

Dalam persidangan dengan majelis hakim yang diketuai, I Dewa Made Budi Watsara, jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Badung ini menyatakan, ketiga terdakwa telah melakukan perbuatan melawan hukum,  mengambil sesuatu barang berupa 1 buah tas selempang kulit warna merah yang berisikan 1 kartu ATM, 1 Kartu Kredit, serta uang tunai sebesar Rp400 ribu milik saksi korban bernama Sri Lestari. Perbuatan para terdakwa ini diatur dan diancam dalam Pasal 363 ayat (1) ke 4 KUHP.

Diuraikan jaksa Triarta Kurniawan,  ketiga terdakwa mengambil barang  milik Sri Lestari, terjadi pada 23 April 2018 sekitar pukul 20.30 wita di Warung Pepe, Jalan Dewi Sri, Kuta Badung. Saat itu, para terdakwa masuk ke Warung Pepe dengan jalan beriringan untuk membeli makanan.

Nah, sambil berjalan beriringan ini, terdakwa Nour El Islam Manaa  dengan kecepatan tangannya mengambil tas milik, Sri Lestari yang digantung di kursi.  “Setelah mengambil,  tas tersebut kemudian diserahkan ke terdakwa Islam Bettayeb. Setelah itu ke dua terdakwa pergi menuju toilet yang berada di area parkir dan mengambil barang-barang yang ada dalam tas  kemudian diserahkan ke terdakwa Mohamed Triki,” ungkap Jaksa Kurniawan.

Setelah beraksi, terdakwa Nour El Islam Manaa dan Islam Bettayeb pergi meninggalkan area parkir Warung  Pepe lebih dahulu dengan mengendarai sepeda motor.   Sial bagi terdakwa Mohamed Triki. Ketika masih berada di area parkir, dirinya sudah terlebih dahulu diamankan oleh petugas  security. Dari tangan terdakwa Mohamed Triki ini, petugas menemukan barang hasil curian milik milik Sri Lestari. “Akibat perbuatan  ketiga terdakwa, saksi korban mengalami kerugian kurang lebih senilai Rp1,5 juta”pungkas jaksa Triarta Kurniawan.  DM

Komen via Facebook