Jukung Race Awali Sanur Village Festival 2018

105
Peserta Lomba balap Jukung di Pantai Matahari Terbit, Sanur, kamis pagi (23/08), Foto: Genpi Bali

Denpasar, Klikpena.com
Sanur Village Festival 2018 akan dibuka Mentri Pariwisata Arif Yahya, di Pantai Matahari terbit kawasan wisata Sanur Bali, kamis (23/08/2018). Hari pertama festival tahunan ini rencananya dimulai pukul 19.00 wita, dengan menampilkan musisi Indra Lesmana dan sejumlah grup band di panggung utama.

Jukung race atau balap perahu tradisional mengawali rangkaian Boost SVF yang digelar 22-26 Agustus 2018. Karena rendahnya tekanan angin membuat peserta lomba kesulitan melajukan jukung, namun tak menyurutkan antusiasme para nelayan.

Ketua Umum Boost SVF IB Gede Sidharta Putra mengatakan balap jukung menjadi salah satu agenda festival tahunan ini, agar tetap lestari serta menjadi atraksi wisata yang menarik. “Kami melakukan konservasi sebagai konsistensi kami untuk memberi perhatian kepada keberadaan jukung tradisional di Sanur. Karena jukung juga sebagai ikon pariwisata di Pantai Sanur,” ujarnya.

Peserta Lomba balap Jukung di Pantai Matahari Terbit, Sanur, kamis pagi (23/08), Foto: Genpi Bali

Dari masing-masing kelompok akan diambil 5 terbaik yang akan diadu kembali di final nanti. “Sekarang yang ke final jadinya 25 peserta, mereka harus melintasi jarak sekitar 8 kilometer dengan start dan finish di Pantai Segara Ayu,” imbuhnya.

Ketua PHRI Denpasar itu menambahkan, selain jukung race juga ada kegiatan workshop, dan berbagai aktivitas lain, termasuk aneka hiburan di panggung utama yang selalu dinantikan pengunjung.

Panggung utama akan diisi berbagai hiburan di antaranya Balaram Ethnic Fussion, Cisjis Dancesport Sanur, Sangaji Musik Indonesia, Ratrocker, Gambleer, peragaan busana, dan sendratari. Selain itu juga ada penampilan Keva Amir, salah seorang peserta yang kini sedang mengkuti kompetisi The Voice Kids Indonesia Seasons 3 di salah satu stasiun televisi nasional.

“Yang paling mengguncang adalah Indra Lesmana Project (ILP), sebuah kelompok baru bergenre musik metal progresif yang digagas musisi jazz Indra Lesmana. Menurut Indra, terbentuknya ILP terinspirasi dari erupsi Gunung Agung 2017 lalu, sedangkan SVF yang mengusung tema Mandala Giri juga merupakan upaya untuk memusatkan kembali perhatian khalayak kepada Gunung Agung yang menjadi pusat spiritual di Bali” imbuhnya

Menpar Arif Yahya didampingi Kadis Pariwisata Propinsi Bali, Anak Aguung Gde Juniartha saat menghadiri lomba balap Jukung di Pantai Matahari Terbit, Sanur, kamis pagi (23/08), Foto: Genpi Bali

Sanur vilage Festival akan dibuka Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis (23/8/2018) malam. Pada hari kedua sederetan agenda telah disiapkan panitia di antaranya pelepasan tukik, melukis on the spot, fashion show endek, serta penampilan Gus Teja dan penyanyi Andien. (EL)

Komen via Facebook