Bendera 250 meter dibentangkan di Pantai Oetune TTS

87
Aparat POLRI-TNI bersama Warga Bentangkan Bendera 250 meter di Pantai Oetune, minggu siang (19/08), Foto: Istimewa

SoE, Klikpena.com
Meski perayaan HUT RI ke-73 telah lewat, warga Timor Tengah Selatan, NTT masih merayakannya dengan cara yang berbeda di pantai Oetune minggu siang (19/08). Bersama Tokoh Lintas Agama, TNI-POLRI, tokoh adat, tokoh pemuda, Bhayangkari Polres TTS serta Persit Kodim 1621/TTS, warga membentangkan bendera merah putih sepanjang 250 meter dan lebar dua meter di sepanjang pantai itu.

Dengan cara yang berbeda masyarakat Timor Tengah Selatan, NTT masih merayakan HUT RI ke-73, mereka berjalan beriringan sejauh hampir satu kilometer disepanjang pantai sambil mengusung dan membentangkan bendera merah putih sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Hadir dalam prosesi ini, Ketua TP PKK Kabupaten TTS, Ny Ir. Rambu Atanau Mella, memberikan semangat kepada warga, TNI Polri serta tokoh pemuda dan tokoh lintas Agama.

Proseso pembentangan Bendera 250 meter di Pantai Oetune, minggu siang (19/08), Foto: Istimewa

Parade pembentangan bendera merah putih disepanjang pantai Oetune dengan mengambil tema”memperkokoh persatuan dan kesatuan serta mewujudkan sinergitas TNI-Polri dengan unsur pimpinan daerah Kabupaten TTS” ini dipimpin Kapolres TTS, AKBP Totok Mulyanto DS, SIK, Dandim 1621/TTS, Kepala Kejaksaan Negeri SoE, bupati TTS, Ir Paul RV Mella, MSi dan ketua DPRD Kabupaten TTS, Jean Neonufa.

Usai mengarak bendera disepanjang pantai, dilakukan prosesi pemancangan bendera merah putih ukuran sedang di bibir pantai oleh bupati TTS, ketua DPRD Kabupaten TTS, Kepala Kejaksaan Negeri SoE dan Dandim 1621/TTS. Secara serentak, anggota Polri, TNI, Bhayangkari, Persit dan masyarakat umum yang memegang bendera sepanjang 250 meter tersebut membentangkan bendera merah putih diakhiri dengan penghormatan oleh Kapolres TTS.

Kapolres TTS, AKBP Totok Mulyanto DS, SIK, Dandim 1621/TTS, Kepala Kejaksaan Negeri SoE, bupati TTS, Ir Paul RV Mella, MSi saat penghormatan kepada Bendera Merah Putih di Pantai Oetune, minggu siang (19/08), Foto: Ist

Prosesi ini menarik perhatian wisatawan serta warga lainnya yang tengah berlibur ke pantai ini, mereka pun ikut berbaur dengan anggota Polri dan TNI untuk mengarak dan membentangkan bendera merah putih sepanjang 250 meter tersebut.

Dion K (28), warga Oekamusa Kecamatan Kota SoE Kabupaten TTS yang ikut serta dalam prosesi ini mengapresiasi kegiatan yang dilakukan TNI POLRI serta Pemda setempat polisi, namun ia mengkritik perhatian pemerintah daerah pada aset pariwisata di Oetune yang belum tertata baik.
“Acara ini sangat bagus dan menjadi bagian dari peringatan HUT RI, namun pemerintah perlu membenahi fasilitas di pantai Oetune ini terutama MCK yang belum terurus dan kekurangan air bersih,” ujarnya

Namun sebagian besar masyarakat mengapresiasi apa yang dilakukan di pantai Oetune dalam rangka peringatan HUT RI ke 73.
Masyarakat berharap, acara tersebut menjadi agenda rutin dengan lokasi pelaksanaan harus berpindah-pindah bahkan harus dilakukan di wilayah terpencil sehingga masyarakat di pelosok pun merasakan dan ikut merayakan HUT RI.

Kapolres TTS, AKBP Totok Mulyanto DS, SIK, Dandim 1621/TTS, Kepala Kejaksaan Negeri SoE turut berjalan saat prosesi pembentangan bendera di pantai Oetune, minggu siang (19/08), Foto Ist

Kapolres TTS, AKBP Totok Mulyanto DS, SIK mengaku acara sejenis merupakan kali keempat di wilayah hukum TTS, dalam rangka peringatan HUT RI. “Acara ini merupakan kali keempat untuk Polres TTS. Kita pernah menggelar kegiatan yang sama di Kolbano, gunung Fatunuasus, kembali lagi ke Kolbano dan sekarang di pantai Oetune,” ujar mantan Kapolres Manggarai itu

Mantan Kasubdit I Kamneg Dit Reskrimum Polda NTT itu menegaskan bahwa kegiatan yang digelar merupakan wujud cinta tanah air dan merayakan HUT RI ke 73 tahun 2018. “Melalui kegiatan ini kita ingin menyampaikan pesan bahwa kita adalah NKRI dan walau kita berbeda tapi tetap satu,” pungkasnya (EL)

Komen via Facebook