Cuaca Ekstrem, Ini Peringatan BPBD Bali

87
Dewa Putu Mantera, SH MH Dewa Putu Mantera, SH MH

DENPASAR-Klikpena
BPBD Bali himbau seluruh masyarakat yang beraktivitas di laut agar lebih berhati-hati dan waspada, mengingat seminggu belakangan ini cuaca ekstrem dan cenderung buruk.

Hal ini disampaikan Plt. Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Bali Dewa Putu Mantera, SH. MH. di Denpasar, Jumat (20/7).

“Kami berharap dan himbau kepada masyarakat serta semua pihak yang beraktivitas di laut, agar ekstra waspada, karena cuaca buruk sesuai peringatan BMKG,” tegas Mantera yang secara definitif sebagai Kepala Badang Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Provinsi Bali.

Lebih lanjut Mantera menegaskan, bahwa beberapa kejadian dan insiden yang terjadi di laut di beberapa tempat terakhir ini, lebih dominan faktor alam, bukan human eror. Laporan petugas di lapangan bahwa aturan keselamatan telah dipenuhi, tapi karena cuaca yang sangat ekstrem, maka kecelakaan laut pun tidak terelakkan. Kapal atau perahu rusak berat terhantam gelombang besar, kejadian yang terjadi di beberapa pesisir laut Karangasem, bahkan kejadian di beberapa perairan di Jawa menelan korban jiwa.

Suasana Rapat di kantor BPBD Bali, membahas cuaca ekstrem yang terjadi di Bali beberapa pekan terakhir

“Keselamatan adalah yang paling utama, jangan karena keinginan untuk mendapatkan tangkapan banyak, para nelayan memaksa untuk melaut, sebaiknya jangan,” pungkas Mantera seraya meminta dengan Tegas.

Plt. Kalaksa tersebut, menghimbau memperhatikan secara seksama siaran pers resmi dari Kementerian Perhubungan (sebagaimana tersebut di atas), serta mengindahkan berbagai informasi resmi dari pihak-pihak terkait, misalnya menyangkut cuaca dari BMKG, sedangkan terkait aktivitas Gunung Api (Agung) dari PVMBG Kementerian ESDM. ed

Komen via Facebook