Tarian Caci Meriahkan HUT RI Ke-73, Warga Manggarai Raya di Bali

92
Para penari mementaskan Tarian Caci memperingati HUT RI ke-73, di lapangan Lagoon, Nusa Dua, Bali minggu petang (19/08), Foto: Remigius Nahal

Denpasar, Klikpena.com
Berbagai cara warga Manggarai di Pulau Dewata Bali memperingati HUT RI ke-73 yang di lapangan Lagoon Nusa Dua, minggu petang(19/08). Nenggo, Danding, dan Kelong yang diiringi oleh bunyian gong dan gendang memeriahkan nuansa kebersamaan dalam balutan budaya Tarian Caci.

Mengambil tema “Melalui Budaya Kita Menjadi Tangguh, Mandiri, dan Mampu Membangun Komunitas Manggarai yang Hidup” Para perantau asal Bumi Congka Sae, berkumpul bersama menyaksikan berbagai pementasan yang salah satunya tarian Caci khas Manggarai Flores, NTT.

“Tema ini menjadi refleksi kita untuk kembali kepada nilai-nilai luhur budaya seperti pada Tarian Caci yang mengedepankan kebersamaan, kerja sama dan sportifitas yang tinggi, serta masih banyak nilai-nilai lain yang terkandung dalam tarian Caci,” papar Beny Hamu, Ketua Panitia.

Lanjut Beny “Sekarang orang Manggarai yang hidup di Bali itu sudah bersentuhan langsung dengan budaya asing yang terbangun melalui hubungan kerja lingkungan hidup serta pengaruh perubahan dan kehebatan sains dan teknologi yang membuat dunia ini bagaikan Global Village” Ujar Beny

Para penari mementaskan Tarian Caci memperingati HUT RI ke-73, di lapangan Lagoon, Nusa Dua, Bali minggu petang (19/08), Foto: Remigius Nahal

Berbagai kenyataan itu membawa dampak dalam segala lini kehidupan baik ekonomi, politik dan sosial budaya yakni kemudahan dan kehebatan system yang terbangun. disisi lain menghadirkan kekwatiran yang tak berkesudahan karena begitu banyak pemilik budaya heterosis dan terancam punah. Karena itu Beny berharap pementasan tarian Caci ini bisa membangun kebersamaan dan menyusun kekuatan dalam kehidupan sesama perantau di Bali.

“Harus Tangguh melawan perubahan dan pengaruh negatif agar mandiri dalam keputusan dan mampu membangun diri dalam segala aspek kehidupan, yang pada gilirannya terlibat memberikan hal yang terbaik untuk komunitas Manggarai yang kita cintai ini,” pungkas Beny. (EL)

Komen via Facebook