Tebar Benih Nila di HUT Perdana Seger Ogar Kapal

42

Denpasar, Klikpena.com

Komunitas Yoga Asana Seger Oger Desa Kapal, Mengwi,  merayakan Hari Ulang Tahun Perdana dengan menebar benih ikan nila di Sungai Kapal dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, Minggu (16/9). Komunitas Yoga Seger Oger Center Kapal merupakan bagian dari Pesemetonan Seger Oger yang berdiri 13 tahun lalu, dan kini tersebar di 11 titik di antaranya,  Pantai Karang Sanur, Lapangan Renon, Lapangan Pegok di Denpasar serta Gianyar, Kuta dan Kapal, Kabupaten Badung.

Kordinator Center Kapal, Made Winata mengatakan, para peserta begitu antusias merayakan HUT. Kendati udara masih terasa dingin,  rombongan Yoga Asana Seger Oger Kapal menelusuri pematang sawah serta tepian saluran irigasi menuju Sungai Kapal. Saat tiba di bibir Sungai Kapal, satu persatu anggota rombongan menebar bibit ikan nila ke sungai secara bergantian. “Suasana kekeluargaan sangat terasa di Hari Ulang Tahun yang pertama. Di Center Kapal tiap hari Minggu pagi dan Kamis sore selalu ada latihan,” kata  Made Winata

Doa bersama sebelum potong tumpeng ulang tahun

Sementara itu, koordinator acara ulang tahun Seger Oger Kapal, Dayu Handayani menambahkan, menebar benih ikan ke sungai wujud pelestarian lingkungan. “Sekecil apa pun,  kita ingin peduli pada lingkungan,” kata Dayu, sapaan akrabnya di Komunitas Seger Oger. Ia berharap, Seger Oger Centre Kapal yang berusia setahun bisa terus berkembang dan banyak warga sekitar tertarik ikut bergabung.

Lanjut Made Winata, bila mengikuti latihan Yoga Seger Oger  secara rutin memberi sejumlah manfaat.  “Dengan konsentrasi, pengaturan nafas dan gerakan fisik seluruh organ tubuh bergerak dan ini dengan sendirinya merawat tubuh dari dalam,”kata Pakde sapaanya sembari menjelaskan, saat menarik napas, maka organ tubuh bagian dalam seperti dipijat oleh napas dan ini sangat membantu dalam merawat dan meningkatkan kerja bagian tubuh tersebut. Selain itu, aliran darah akan semakin lancar sehingga tubuh akan semakin segar.

Menebar benih nila di Sungai Kapal

Napas merupakan hal  terpenting tubuh sehingga dibutuhkan perhatian khusus untuk menopang kesehatan jasmani dan rohani manusia. Selain itu, aliran darah akan semakin lancar sehingga tubuh akan semakin segar.

Napas sebagai pendamping hidup manusia, karena napas selalu setia menemani  tubuh ke mana saja, meskipun tubuh dalam keadaan tertidur ataupun beristirahat. Banyak manfaat yang bisa diperoleh bila rutin berlatih yoga yakni mengalirkan oksigen ke dalam otak, stimulasi sistem syaraf ke tubuh, memijat dan memelihara organ bagian dalam tubuh. ”Dan yang tak kalah penting, bila tekun dengan yoga, pikiran menjadi tenang, jiwa dan rohani terjaga dan melahirkan energi positif  sebelum memulai aktivitas,” ujarnya abi

Komen via Facebook