Mengungkap Masa Kecil Lawyer “Erwin Siregar” di Kota Pahlawan

249
Erwin Siregar, Caleg DPR RI dapil Jatim 1 (Kota Surabaya dan Sidoarjo), Foto: Ist

Kacang tak lupa kulit, mungkin ini pepatah yang tepat untuk Erwin Siregar, yang kini berniat kembali mengabdikan dirinya untuk kota pahlawan dalam pertarungan politik menuju senayan. Erwin yang selama ini menjadi lawyer terkenal di Pulau Dewata Bali, kini terpanggil untuk menjajaki dunia politik dengan mengambil daerah pemilihan Jatim satu, yakni kota Surabaya dan Sidoarjo dimana kota tempat Erwin siregar meghabiskan masa kecilnya hingga selesai SMU.

Erwin Siregar tak hanya terkenal di Bali, lawyer top asal Batak yang masuk ke Bali tahun 1981 ini juga terkenal di Australia, karena jasanya membela sejumlah warga negara Australia dalam beberapa kasus besar yang menjerat turis asing asal negeri Kaguru itu. Mr Erwin, begitu sapaan akrabnya disaat dirinya berlibur ke Australia, karena tak hanya keluarga para narapidana yang pernah dibelanya bahkan sopir taxi pun mengenal lawyer terkenal asal tanah batak itu dari pemberitaan sejumlah media Australia.

Erwin Siregar, SH MH tengah mempelajari dakwaan saat membela kliennya Sarah Connor dalam sidang kasus pembunuhan polisi di PN Denpasar, Nov 2016, Foto: Ist

Erwin yang menyelesaikan pendidikan SD hingga SMU di kota pahlawan sejak tahun 1965 hingga 1977 ini, ternyata pernah menjadi staf ground handling maskapai Garuda Indonesia di Bandara Juanda Surabaya selama satu tahun setelah tamat SMU. Sosok Erwin Siregar yang terkenal saat ini, tak banyak yang tahu masa kecil Erwin dan perjuangannya untuk mengumpulkan uang demi membiayai pendidikan S1 dan S2 demi menggapai impiannya menjadi pengacara.

Setelah bekerja di Maskapai Garuda, Erwin hijrah ke Pulau Dewata dan bekerja sebagai tour guide di pantai Kuta Bali. Setelah cukup mengumpulkan uang untuk mendaftar masuk kuliah S1 di Universitas Udayana tahun 1980. Semangat untuk menggapai impian sebagai advokat tak pernah surut, Erwin akhirnya menjadi menjadi asisten pengacara di kantor R.Soeko Hardoyo, SH ditengah masa kuliahnya di kampus Unud Bali.

Setelah menyelesaikan pendidikan strata satu, Erwin Siregar mulai menggeluti dunia advokat sambil melanjutkan pendidikan S2nya di kampus yang sama. Nama Erwin Siregar semakin melejit baik di Bali maupun di Australia setelah membela para tersangka kasus Bali9 dan sejumlah kasus lainnya diantaranya membela tersangka Sarah Connor dalam kasus pembunuhan polisi di pantai kuta. Meskipun terkenal namun advokat yang akrab disapa bang Erwin ini, tetap rendah hati dan selalu ramah dalam menyapa siapapun baik masyarakat umum mampun kliennya.

Erwin Siregar, SH MH saat diwawancarai media dalam kasus pembunuhan polisi di pantai kuta bali, November 2016, Foto: Ist

Melanglang buana di dunia advokat, tak membuat dirinya puas dengan ketenaran yang telah diperolehnya. Erwin Siregar mencoba menjajaki dunia politik, dengan bergabung menjadi anggota partai berlambang beringin disela-sela kesibukannya sebagai pengacara.

Erwin kemudian memutuskan untuk mengikuti pertarungan pesta demokrasi lima tahunan, sebagai calon legislatif dan memilih daerah pemilihan Jatim satu yakti kota Surabaya dan Sidoarjo. Daerah yang dipilih tentunya memiliki pertimbangan, karena di kota pahlawan inilah Erwin menghabiskan masa kecilnya.

Erwin Siregar, SH MH saat membela kliennya Sarah Connor dalam sidang kasus pembunuhan polisi di PN Denpasar, Nov 2016, Foto: Ist

Ikatan emosional dengan warga jawa timur, membuat Erwin terpanggil untuk memilih daerah ini sebagai anak tangga menuju ke Senayan. Kapabilitas Erwin tidak diragukan lagi, karena salah satu tugas legiflatif adalah membuat undang-undang sehingga Erwin layak menjadi penyusun undang-undang maupun kepentingan masyarakat Jatim bila dalam pemilihan calon anggota DPR RI tahun 2019 nanti masyrakat memberikan kepercayaanya kepada putra asal tanah Batak ini.

Keinginan untuk terjun ke dunia politik, mendapat dukungan dari sejumlah rekan pengacara baik di bali maupun Jakarta. Niat baik Erwin pun didukung oleh pengacara kondang Doktor Hotman Paris Hutapea, SH.,MH. Berbekal segudang pengelaman dengan ribuan jam terbang serta track recordnya di dunia hukum, Erwin yakin mampu menjalankan fungsi legislatif nantinya sebagai bentuk pengabdian baik masyarakat Surabaya dan Sidoarjo Jawa Timur khususnya mapun masyarakat Indonesia umumnya. (EL)

Komen via Facebook