PENYEBRANGAN KETAPANG-GILIMANUK DITUTUP LIMA JAM

67

Ketapang,Klikpena.com-Angin kencang dan tingginya gelombang perairan Selat Bali membuat otoritas pelabuhan setempat menutup penyebrangan Ketapang-Gilimanuk-Ketapang selama lima jam, dari pukul 21.00 WIB Minggu (12/8) sampai pukul 02.00 WIB, Senin (13/8).

Pantauan Klikpena.com yang kebetulan dalam perjalanan dari Jawa ke Bali via darat, terlihat ratusan kendaraan antre sepanjang 12 kilometer dari Ketapang mendekati daerah Baluran, Banyuwangi.

Antrean kendaraan di Pelabuhan Ketapang pada Senin (13/8) pukul 02.30 WIB dinihari

“Pelabuhan ditutup dari jam 9 malam karena angin kencang dan gelombang tinggi. Baru dibuka pada pukul 02 dinihari oleh otoritas pelabuhan, “kata Fendy penjaga cafetaria
KM Dharma Rucitra

Sementara Syafei salah seorang petugas kapal yang ada di darat, di Pelabuhan Ketapang menceritakan, sejak pukul 19.00 WIB angin sudah kencang dan beberapa kapal dari Gilimanuk mau sandar di Ketapang. “Saat mau nyandar memang terombang ambing, karena angin kencang dan gelombang tinggi. Namun bisa merapat ke dermaga dengan aman. Selang beberapa saat kemudian otoritas pelabuhan menutup sementara penyebarangan,”kata Syafei sembari menceritakan, kondisi ini tak seberapa dibanding dengan beberapa hari lalu dimana gelombang sangat tinggi sehingga pelabuhan buka-tutup.

Kendaraan mulai masuk ke dalam KM Dharma Rucitra setelah penyebrangan Dibuka


Hal senada juga diceritakan Harsono salah satu crew KM Dharma Rucitra. “Gelombang tinggi dua meter dan angin sangat kencang sehingga pelabuhan ditutup selama lima jam,”kata Harsono.

Karena ditutup maka kendaraan dari Ketapang ke Gilimanuk terpaksa antre. Begitu juga dari Gilimanuk-Ketapang.

Kapal berlayar dari Gilimanuk ke Ketapang


Dalam pelayaran dari Ketapang ke Gilimanuk pukul 4.30 WIB dengan KM Dharma Rucitra memang terasa oleng saat kapal lepas tali jangkar. Setengah jam berlayar gelombang mulai tenang dan angin pun redah. Dalam jarak sepelemparan batu sudah nampak Pelabuhan Gilimanuk.Kapal pun sandar pukul 06.45 WITA.(abi)

Komen via Facebook