Menhan Indonesia dan Australia Bahas Pertukaran Intelijen dan Cyber

35
Pertemua Menhan Indonesia dan Menhan Australia di Hotel Mulya, Nusa Dua, Bali Kamis (11/10/18) siang. Foto: Ambros Boly

Nusa Dua, Klikpena.com
Mentri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu bertemu Mentri Pertahanan Australia, Christopher Pyne di Hotel Mulya kawasan wisata Nusa Dua, Bali Kamis (11/10/2018) siang. Dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih satu jam itu, keduanya membahas komitmen kedua negara untuk memperkuat bilateral antara kedua negara.

Mentri Pertahanan Australia, Christopher Pyne, bersama rombongannya saat meeting di Hotel Mulya kawasan wisata Nusa Dua, Bali Kamis (11/10/2018) siang. Foto: Ambros Boly

Indonesia dan Australia sepakat meningkatkan kerjsama di bidang pertahanan dan keamanan kawasan, sebagai saran pendukung kepentingan kedua negara. Beberapa hal yang dibahas diantaranya, kerjasama memerangi terorisme, peningkatan kerjasam kemaritiman, pertukaran intelijen.

“Karena masalah teroris itu kan musuh kita bersama, tidak ada satu negarapun mampu menanganinya kecuali bersama. Dari tingkat deradikalisasi, dari tingkat mereke pulang dan pergi, dan sebagainya itu akan diramu dalam kelompok-kelompok kecil ke depannya” papar Mentri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu, usai pertemuan.

Menhan Indonesia, Ryamizard Ryacudu bersama rombongan Kementrian Pertahanan saat meeting di Hotel Mulya kawasan wisata Nusa Dua, Bali Kamis (11/10/2018) siang. Foto: Ambros Boly

Sementara di bidang kemaritiman, Menhan melanjutkan, Kemaritiman bisa dimanfaatkan untuk hal positif, tetapi dapat juga dimanfaatkan oleh oknum atau pihak tertentu untuk berbuat jahat. “Seperti penyelundupan orang, senjata, narkoba kemudian teroris juga bisa lewat sana. Hal ini yang perlu dikoordinasikan, partoli bersama nanti” jelasnya.

Selain itu, kerjasama antar Indonesia Australia juga di bidang Satelit dan Cyber, karena para pelaku terror cendrung menggunakan media sosial untuk melancarkan aksinya. Selain medsos, jalur transaksi keuangan yang digunakan teroris juga menggunakan cyber, karena itu kedua negara berkomitmen meningkatkan kerjasama pertahanan serta mendukung kepentingan Indonesia-Australia.

Menhan Indonesia, Ryamizard Ryacudu bersama Menhan Australia, Christopher Pyne usai meeting di Hotel Mulya kawasan wisata Nusa Dua, Bali Kamis (11/10/2018) siang. Foto: Ambros Boly

“Australia kan teknologinya lebih tinggi, dia akan mengirim tenaga pelatihnya di bidang cyber untuk melatih di Indonesia. Kita tukar menukar teknologi lah, yang baik yang lebih tinggi ya kita adopsi aja” pungkas Ryamizard Ryacudu didampingi Menhan Australia Christopher Pyne. (EL)

Komen via Facebook