Ubud Village Jazz Festival Mendekatkan Musik Jazz Dengan Pelajar

38

Denpasar, Klikpena.com
Ubud Village Jazz Festival (UVJF) kembali menggelar workshop dalam rangkaian pre event UVJF 2018 dengan melibatkan kalangan pelajar dengan musik jazz pada rabu (08/08). Workshop yang digelar di institute Seni Indonesia (ISI) Denpasar ini untuk menumbuh-kembangkan minat jazz di kalangan pelajar.

Workshop UVJF yang digelar dengan melibatkan Mahasiswa Program Studi Musik ISI Denpasar dan Mahasiswa umum ini, menampilkan Benny Green Trio yang berasal dari New York sebagai pembicara untuk membagikan kecemerlangannya dalam praktek dan teori mengenai musik jazz. Benny Green memang tidak perlu diragukan kualitasnya lagi dalam bermain piano. Ia menggandeng formasi Trio untuk membagikan penggalamannya kepada para peserta.

Beny Green (Trio) Sedang Memaparkan Materi Jazz kepada 35 Peserta Workshop di Ruang Teori ISI Denpasar Rabu (08/08) Foto: Ist

Tidak hanya melibatkan mahasiswa di Bali, sejumlah peserta juga berasal dari luar Bali khususnya Jakarta hanya untuk mengikuti workshop ini, dan menyaksikan secara langsung betapa musik jazz telah mengaliri sekujur jiwa hingga ke ujung jari seorang Benny Green.Benny Green Trio begitu senang dapat membagi pengalamannya sebagai pelaku jazz di hadapan peserta workshop. Ini terbukti dari antusias peserta sendiri ketika mendengarkan sekaligus menyaksikan Benny Green Trio memberikan contoh dengan menggunakan beberapa lagu jazz standard.

“Banyak peserta yang terpancing kemudian menanyakan dan mengetahui langsung mengenai teknik di dalam musik jazz, seperti voicing dengan menggunakan tangan kiri, variasi coda, dan juga tidak jarang di antara mereka menanyakan bagaimana formasi trio ini membuat nyaman pemain satu dan pemain lainnya.” Ujar Astrid Sulaiman selaku Vice President UVJF.

Sebagai sebuah event tahunan yang meramaikan jagad musik dunia, memang UVJF tidak segan-segan menunjukkan perangainya di kancah musik dunia. Perhelatan akbar yang mengangkat akar Jazz ini akan digelar pada tanggal 10 hingga 11 Agustus 2018 mendatang di Arma Museum, Bali. Workshop ini merupakan salah satu upaya UVJF dalam mengenalkan Jazz ke telinga pelajar sebagai bahan edukasi, dan mungkin improvisasi, di tengah kecamuk dunia. (el)

Komen via Facebook