Sulit Cari Sekolah, Bupati NGP Surati Gubernur

16

MANGUPURA, Sulitnya mencari sekolah negeri khususnya SMA, Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta menyurati Gubernur Bali. Dalam Suratnya Nomor 420/4284/PD/Disdikpora tertanggal 4 Juli 2018, NGP memohon penambahan daya tampung SMA Negeri di Badung.

Isi suratnya, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2018/2019 pada SMA Negeri khususnya di Badung, maka mohon berkenan Gubernur dapat memberikan rekomendasi penambahan daya tampung pada SMA Negeri di Kabupaten Badung, agar anak-anak yang belum mendapat sekolah jenjang SMA saat ini, dapat melanjutkan pendidikan pada SMA Negeri di wilayahnya masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga (Disdikpora) Badung Ketut Widia Astika yang dikonfimasi Kamis (5/7), aspirasi masyarakat khususnya orang tua siswa yang anaknya tidak bisa ditampung di SMA Negeri, serta saran dari DPRD Badung, Bupati bersikap dengan melayangkan surat ke Gubernur Bali. Dalam surat tersebut, Bupati mengharapkan Gubernur yang kini memiliki kewenangan pada jenjang pendidikan SMA/SMK memberikan rekomendasi penambahan daya tampung pada SMA Negeri di Badung.

Jumlah lulusan SMP di Badung sebanyak 10.217 siswa. “Yang perlu dicatat bahwa siswa yang mencari sekolah (SMA Negeri) di Badung, bukan hanya lulusan SMP di Badung, karena zona provinsi itu lintas kabupaten,” ujarnya

Berapa idealnya data tampung SMA Negeri di Badung? Ditanya demikian, pejabat asal Kerobokan ini menjelaskan idealnya sebanyak siswa yang membutuhkannya. “Sebanyak siswa yang membutuhkannya, dengan resiko SMA swasta tidak mendapat siswa,” katanya. Tentu yang harus menjadi perhatian juga kata dia, daya tampung sekolah, lantaran beberapa SMA Negeri di Badung sudah melaksanakan double shift atau kelas pagi sore.

Data  dari UPT Dinas Pendidikan Provinsi Bali di Kabupaten Badung tahun pelajaran 2018/2019 ada sebanyak 23 SMA Negeri dan SMA Swasta di Badung dengan total daya tampung siswa sebanyak 3.802 siswa. Sedangkan untuk SMK Negeri dan SMK Swasta ada sebanyak 25, dengan daya tampung siswa sebanyak 6.036 siswa. Untuk daya tampung SMA Negeri saja sebanyak 2.484 dan SMK Negeri sebanyak 702 siswa, jadi total jumlah siswa tahun pelajaran 2018/2019 yang bisa ditampung di SMA Negeri dan SMK Negeri di Badung hanya sebanyak 3.186 siswa tim pena