Buronan Kejaksaan Dibekuk di Atas Kapal Minyak di Pelabuhan Benoa

106

Denpasar, Klikpena.com – Tim Intel Kejaksaan Agung (Kejagung) RI berhasil membekuk terpidana kasus korupsi dan pencucian uang yang menjadi buronan kejaksaan, Deki Bermana, di Pelabuhan Benoa, Sabtu (4/8/2018) sekitar Pukul 12.00 WITA.

Penangkapan lekaki kelahiran Taluk Kuantan, Pekanbaru, ini dilakukan di atas kapal Raka Surya yang sedang berlabuh di Pelabuhan Benoa.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bali Dr Amir Yanto, melalui Asisten Intelijen Bayu A Arianto, mengatakan, penangkapan terpidana Deki Bermana dilakukan Tim Intel Kejagung di backup Kejati Bali.

Bayu Arianto menjelaskan, Tim Intel Kejagung melacak keberadaan terpidana setelah ada permintaan dari Kejati Riau.

“Buronan, Deki Bermana ini adalah terpidana perkara tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang dalam kasus penyelundupan bahan bakar minyak (BBM) ilegal senilai Rp 1,3 triliun di Batam,” paparnya.

Deki Bermana, terpidana kasus korupsi dan pencucian uang dalam kasus penyelundupan BBM illegal senilai Rp 1,3 triliun (baju hitam bertopi), akan diterbangkan ke Riau melalui Jakarta. [klikpena.com/ istimewa]

Terpidana terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 2621K/ PID.SUS/ 2015 tertanggal 24 Agustus 2016.

Dalam putusan kasasi MA, lelaki yang beralamat di Jalan Kampar III Nomor 4, Tanjung Rihu, Lima Puluh, Pekanbaru, Riau ini dijatuhi hukuman pidana penjara selama 7 tahun dan pidana denda Rp500.000.000, subsidier 1 tahun pidana kurungan.

Menurut Bayu Arianto, terpidana Deki Bermana sudah 2 tahun bekerja di kapal minyak Raka Surya sebagai Mualim I.

“Tim Intelijen Kejagung berhasil melacak, kapal ini berlabuh di Pelabuhan Benoa dari Gresik. Kapal minyak ini baru pertama kalinya masuk Bali. Sebelum melakukan penangkapan, tim terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak Otoritas Pelabuhan Tanjung Benoa,” beber Bayu Arianto.

Setelah berhasil membekuk Deki Bermana, tim kemudian membawa buronan ini ke Kejati Bali di Jalan Tantular, Denpasar. Selanjutnya, buronan kelahiran, 1 Juli 1978, ini akan diterbangkan ke Pekanbaru, Riau, melalui Jakarta untuk pelaksanaan eksekusi.

“Terpidana Deki Bermana adalah buronan yang ke-146 yang berhasil ditangkap Tim Intelijen Kejagung selama kurun waktu Januari – Agustus 2018,” pungkas Bayu Arianto. (dickmina)

Komen via Facebook