Gubernur Bali Hadiri Karya Yadnya Baligia di Griya Jungutan

118

Gubernur Bali Made Mangku Pastika, saat menghadiri rangkaian acara Karya Yadnya Baligia, di Griya Ulon Jungutan, Banjar Dinas Jungutan, Desa Adat Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali. [foto: istimewa]

Denpasar, klikpena.com – Keluarga Besar 10 Griya di Kabupaten Karangasem, Bali, menyelenggarakan rangkaian acara Karya Yadnya Baligia, di Griya Ulon Jungutan, Banjar Dinas Jungutan, Desa Adat Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali, sejak beberapa bulan lalu.

Adapun puncak Karya Yadnya Baligia ini akan dilaksanakan tanggal 10 Agustus 2018 mendatang. Karya Yadnya Baligia merupakan karya agung penghormatan kepada leluhur di Bali, setelah pelebon atau pengabenan.

Acara besar seperti ini pernah digelar sebelumnya pada tahun 1930 atau sekitar 88 tahun silam. Adapun acara – acara yang digelar sendiri – sendiri oleh masing-masing Griya di Karangasem, tetap dilaksanakan seperti biasa.

Menariknya dalam rangkaian karya agung ini, Gubernur Bali Made Mangku Pastika meluangkan waktu untuk hadir di Griya Ulon Jungutan, Banjar Dinas Jungutan, Desa Adat Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Jumat (3/8/2018).

Mantan Kapolda Bali yang pada Pileg 2019 mendatang akan bertarung sebagai calon anggota DPD RI itu, bahkan menyempatkan diri memberikan sambutan. Ia secara khusus menyampaikan apresiasi atas karya agung penghormatan kepada leluhur ini.

Selain Gubernur Pastika, hadir pula pada kesempatan tersebut sejumlah bupati, pejabat, maupun tokoh masyarakat Bali.

Sebut saja Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri, Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, anggota DPR RI Gede Sumarjaya Linggih, anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Bali Ni Putu Yuli Artini, mantan Bupati Karangasem Wayan Geredeg, Sekretaris DPW Partai NasDem Provinsi Bali Ni Putu Nopi Seri Jayanti, dan tokoh lainnya.

Tokoh Griya Ulon Jungutan, Ida Bagus Oka Gunastawa, menjelaskan, acara ini digelar secara bersama-sama untuk menghormati sekitar 600 roh leluhur yang telah diaben.

Dari jumlah tersebut, 80-an di antaranya merupakan leluhur dari 10 Griya di Karangasem. Sisanya leluhur dari masyarakat umum dari seluruh Bali.

“Karya Yadnya Baligia ini puncaknya akan dilaksanakan tanggal 10 Agustus 2018,” kata Gunastawa, yang juga Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali.

Karya besar ini digelar bersama-sama, selain untuk memupuk kebersamaan, juga untuk meringankan pembiayaan.

“Sebelumnya acara besar serupa digelar tahun 1930 atau sekitar 88 tahun lalu. Ada juga acara – acara yang digelar sendiri – sendiri, tetapi kalau yang besar seperti ini baru kembali dilaksanakan saat ini, setelah tahun 1930,” pungkas Gunastawa. (mse)

Komen via Facebook