Pulau Gili Lawa Darat Tak Dihuni Penduduk dan Komodo

58
Pulau Gili Lawa Darat di kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, saat dilalap api. [foto: istimewa]

Labuan Bajo, klikpena.com – Kebakaran hebat terjadi di Pulau Gili Lawa Darat di dalam Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (1/8/2018) Pukul 19.00 WITA.

Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) Budi Kurniawan, menjelaskan, tak ada korban jiwa salam peristiwa kebakaran di Gili Lawa Darat tersebut. Selain itu, kebakaran ini juga tidak berpengaruh pada satwa konservasi biawak raksasa Komodo.

Pasalnya, Pulau Gili Lawa Darat tidak dihuni penduduk. Pulau itu juga tidak dihuni biawak raksasa Komodo.

“Pulau Gili Lawa Darat tidak dihuni penduduk maupun Komodo,” papar Budi Kurniawan, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (3/8/2018).

Budi Kurniawan, kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. [foto: istimewa]

Selain tidak dihuni penduduk dan Komodo, imbuhnya, Gili Lawa Darat juga tidak dihuni satwa konservasi Kaktua Kecil Jambul Kuning.

“Pulau Gili Lawa Darat didominasi oleh savana, dan merupakan salah satu spot wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan untuk menikmati panorama alam,” pungkas Budi Kurniawan.

Terkait kebakaran ini, untuk sementara Gili Lawa Darat ditutup untuk umum, sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

Budi Kurniawan mengimbau seluruh pengunjung, untuk mengikuti semua peraturan dan etika berwisata di Taman Nasional Komodo, termasuk untuk tidak merokok dan atau menyalakan api di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. (mse)

Komen via Facebook